Sejarah Perkembangan TIK
5000 tahun
yang lalu di Asia ada alat “abacus “
digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise
Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”,
melakukan operasi penjumlahan
1694
Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat
hitung penjumlahan dan perkalian
1820
kalkulator mekanik “Arithometer”
oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung
“difference engine” oleh Charles Babbage 1822
Dan ada
beberapa penemuan berikutnya
Pengembangan
computer berdasar generasi:
1.
Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
Ø Menggunakan
tabung hampa pd sirkuitnya
Ø Program hanya
dibuat dengan bahasa mesin
Ø Ukuran fisik
sangat besar dan memerlukan tempat luas
Ø Capat panas,
perlu mesin pendingin
Ø Proses
lambat
Ø Kapasitas
sedikit
Ø Butuh data
listrik besar
Ø Aplikasi
terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator,
EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2. Generasi
kedua (1959-1964)
Ciri:
Ø Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
Ø Ukuran fisik
lebih kecil
Ø Menggukana
program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Ø Kapasitsa
memori cukup besar
Ø Menggukana
simpanan luar magnetic disk
Ø Mempunyai
kemampuan realtime dan time sharing
Ø Proses
operasi lebih cepat
Ø Membutuhkan
daya lebih kecil
Ø Aplikasi
lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200,
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3. Generasi
ketiga (1964-1970)
Ciri :
Ø Menggunakan
IC ( Integrated Circuit)
Ø Peningkatan
software
Ø Proses
pengolahan data lebih cepat dan akurat
Ø Mempunyai
kapasitas memory lebih besar
Ø Mengguakan
penyimpan luar
Ø Daya listrik
lebih hemat
Ø Menggunakan multi
processing
Ø Menggunakan
visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Ø Harga murah
Ø Dapat
berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC
3000, CDC 6000
4. Generasi
keempat (1979-sekarang)
Ciri :
Ø Berukuran
lebih kecil
Ø Harga
relative murah
Ø Mecul PC
(personal computer)
Ø Terdapat
aplikasi yang semakin lengkap
Ø Menggunakan
VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Ø Menggunakan
chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore,
Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386,
IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5. Generasi
kelima
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang Mengunakan VLSI (Very Large Scale
Interation)
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Contoh penerapan dibidang :
ü Perusahaan :
ERP (Enterprise Resource Planning)
ü Bisnis :
E-Commerce
ü Perbankan :
E-Banking
ü Pendidikan :
E-Learning
ü Kesehatan :
Smart Card
Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Aktivitas
kejahatan dalam jaringan internet :
§ Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang
melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
§ Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan
dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
§ Cracking : usaha memasuki secara illegal
sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau
data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
Dampak Negatif :
§ Pornografi
§ Membuat anak
malas belajar
§ Membuat
anak bersikap keras
§ Pemborosan
§ Mengganggu
kesehatan
§ Penggunaan internet meningkatkan
kemungkinan penyebaran virus komputer
§ Adanya program games dikomputer
membuat anak-anak lupa waktu karena keasyikan main.
§ Penggunaan TIK yang berlebihan akan
membuat kecendrungan untuk menutup diri dari pergaulan.
§ Terlalu lama di depan komputer
membuat cidera pada otot dan mata menjadi sakit
§ Pengawasan orang tua yang kurang
bisa berakibat fatal pada anak-anaknya yang sudah bisa mengakses internet.
Karena di internet segala macam informasi bisa diakses. Jangan sampai anak-anak
mengakses informasi yang tidak layak didapatkan seperti situs porno,
perkelahian yang menyangkut kekerasan dan lain sebagainya.
Dampak
Positif :
ª
Adanya
internet membuka sumber informasi yang tadinya sulit diakses menjadi lebih
mudah. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.
ª
Kemudahan
dalam melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit
ª
Masyarakat
lebih mudah memperoleh informasi dalam lingkup luas melalui media-media seperti
radio, TV, internet dan lain sebagainya.
ª
Perkembangan
TIK mengembangkan kesempatan dan kesanggupan belajar sendiri tanpa harus
memdapat bimbingan dari guru.
ª
Mudah
melakukan komunikasi dengan orang yang tinggal jauh.
ª
Hilangnya
batasan ruang dan waktu dengan adanya internet membuka peluang baru untuk
melalukan pekerjaan dari jarak jauh.
Sumber :http://geafanny.blogspot.com/2013/03/ringkasan-materi-tik-kelas-7-semester-1.html
0 comments:
Post a Comment