Wednesday, February 5, 2014

MATERI UJIAN PRAKTIK TIK KELAS 9 ( VII-1 )



Sejarah Perkembangan TIK

5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820 kalkulator mekanik  “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822
Dan ada beberapa penemuan berikutnya

Pengembangan computer berdasar generasi:

1.        Generasi pertama (1946-1959)

Ciri :
Ø  Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Ø  Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ø  Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Ø  Capat panas, perlu mesin pendingin
Ø  Proses lambat
Ø  Kapasitas sedikit
Ø  Butuh data listrik besar
Ø  Aplikasi terbatas

Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC

          2.      Generasi kedua (1959-1964)

Ciri:
Ø  Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ø  Ukuran fisik lebih kecil
Ø  Menggukana program bahasa tingkat tinggi :  FORTRON, COBOL, ALGOL
Ø  Kapasitsa memori cukup besar
Ø  Menggukana simpanan luar magnetic disk
Ø  Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Ø  Proses operasi lebih cepat
Ø  Membutuhkan daya lebih kecil
Ø  Aplikasi lebih luas

Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
  
           3.      Generasi ketiga (1964-1970)

Ciri :
Ø  Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Ø  Peningkatan software
Ø  Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Ø  Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Ø  Mengguakan penyimpan luar
Ø  Daya listrik lebih hemat
Ø  Menggunakan multi processing
Ø  Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Ø  Harga murah
Ø  Dapat berkomunikasi antar komputer

Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000

            4.      Generasi keempat (1979-sekarang)

Ciri :
Ø  Berukuran lebih kecil
Ø  Harga relative murah
Ø  Mecul PC (personal computer)
Ø  Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Ø  Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Ø  Menggunakan chip yang bernama microprocessor

Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36

           5.      Generasi kelima
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 Contoh penerapan dibidang :
ü  Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
ü  Bisnis : E-Commerce
ü  Perbankan : E-Banking
ü  Pendidikan : E-Learning
ü  Kesehatan : Smart Card

Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
§      Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
§      Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
§      Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan

Dampak Negatif :

§    Pornografi
§    Membuat anak malas belajar
§    Membuat anak  bersikap keras
§    Pemborosan
§    Mengganggu kesehatan
§    Penggunaan internet meningkatkan kemungkinan penyebaran virus komputer
§    Adanya program games dikomputer membuat anak-anak lupa waktu karena keasyikan main.
§    Penggunaan TIK yang berlebihan akan membuat kecendrungan untuk menutup diri dari pergaulan.
§    Terlalu lama di depan komputer membuat cidera pada otot dan mata menjadi sakit
§    Pengawasan orang tua yang kurang bisa berakibat fatal pada anak-anaknya yang sudah bisa mengakses internet. Karena di internet segala macam informasi bisa diakses. Jangan sampai anak-anak mengakses informasi yang tidak layak didapatkan seperti situs porno, perkelahian yang menyangkut kekerasan dan lain sebagainya.
Dampak Positif :
ª     Adanya internet membuka sumber informasi yang tadinya sulit diakses menjadi lebih mudah. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.
ª     Kemudahan dalam melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit
ª     Masyarakat lebih mudah memperoleh informasi dalam lingkup luas melalui media-media seperti radio, TV, internet dan lain sebagainya. 
ª     Perkembangan TIK mengembangkan kesempatan dan kesanggupan belajar sendiri tanpa harus memdapat bimbingan dari guru.
ª     Mudah melakukan komunikasi dengan orang yang tinggal jauh.
ª     Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya internet membuka peluang baru untuk melalukan pekerjaan dari jarak jauh.
Sumber :http://geafanny.blogspot.com/2013/03/ringkasan-materi-tik-kelas-7-semester-1.html

0 comments:

Post a Comment