Tuesday, March 3, 2015

rangkuman sejarah kelas 10 semester 2



Bab 2 –perkembangan kehidupan manusia purba di indonesia
1.       Makhluk pendahulu manusia
Antropoid (kera yang berjalan dengan kaki dibantu dg tangan), setelah itu muncul golongan homonoid, dan terdapat golongan pongidae dan homo sapiens. Homo sapiens ada 4 ras: ras australoid,ras negroid, ras mongoloid, ras kaukasoid.
2.       Manusia purba di indonesia
a.       Meganthrpus palaeojavanicus: ditemukan oleh Von koenigswald di sangiran (1936-1941). Berasal dari pleistosen bawah. Hidup dengan cara mengumpulkan makanan (food gathering). Ciri: tulang pipi tebal, otot kunyah kuat, tonjolan kening yang menyolok, tonjolan belakang yg tajam, tdak punya dagu, perawatan yg tegap, makan jenis tumbuh2an, tempat perlekatan otot tengkuk besar dan kuat.
b.      Pithecantropus:
·           pekinensis ( dari peking/beijing), afrika: australopithecus africanus dari pithecantropus mojokertensis: ditemukan oleh Von koenigswald di desa perning, lembah bengawan solo mojokerto, jatim pada lapisan pleistosen bawah. Hidup sekitar 2,5 – 2,25 juta tahun yg lalu. Ciri: berbadan tegap, muka menonjol ke depan dengan kening yang tebal, tulang pipi yg kuat.
·           Pithecantropus robustus: ditemukan oleh weidenreich dan Von koenigswald (1939) di trinil, lembah bengawan solo. Berasal dari lapisan pleistosen bawah.
·           Pithecantropus Erectus: ditemukan oleh Eugene Dubois di desa trinil, ngawi, jatim (1890). Berasal dari lapisan pleistosen tengah. Hidup sekitar 1 juta – 1 juta setengah th yg lalu. Volume otak sampai 900 cc. Dianggap sbgai missing link (makhluk peralihan dari kera ke manusia).
Pithecantropus di asia: pithecantropus kenya, Eropa barat & tengah: piltdown dan heidelberg.
c.       Homo:
·      Homo soloensis: ditemukan di Ngandong, blora, sangiran, sambung macan, sragen oleh: Ter Haar, Oppenoorth, dan von Koenigswald (1931-1933). Berasal dari lapisan pleistosen atas. Di perkirakan hidup sekitar 900.000-300.000th yg lalu (menurut G.H.R).
·      Homo wajakensis: ditemukan oleh Von reitscoten (1889) di desa wajak, tulungagung. Kemudian diteliti oleh Eugene Dubois. Termasuk golongan Austroloide, tinggi sekitar 130-210 cm, berat badan antara 30-150 kg. Hidup antara 40 ribu-25 ribu th yg lalu, berasal dari pleistosen atas.
·      Homo sapiens: ciri2: vol. Otak antara 1000-1200 cc, tinggi badan 130-210 cm, otot tengkuk mengalami penyusutan, alat kunyah & gigi mengalami penyusutan, muka tidak menonjol ke depan, berdiri tegak, berjalan lebih sempurna.

0 comments:

Post a Comment